bank bjb Siap Tingkatkan Sinergitas dan Kolaborasi Bersama Pemerintah Daerah Provinsi Banten

- Kamis, 20 Januari 2022 | 09:33 WIB
Ilustrasi bank bjb. (bjb)
Ilustrasi bank bjb. (bjb)

AYOBANTEN.COM - Memasuki tahun 2022, bank bjb kembali dipercaya oleh Pemerintah Daerah sebagai Bank Persepsi untuk mengelola Keuangan Daerah (RKUD) di 7 (tujuh) Kota/Kabupaten di Provinsi Banten. Daerah tersebut adalah Kota Serang, Kabupaten Serang, Kota Cilegon, Kabupaten Lebak, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang.

Atas kepercayaan yang diberikan oleh Pemerintah Daerah tersebut, bank bjb berkomitmen untuk terus mendukung dan meningkatkan layanan kepada Pemerintah Daerah dengan fokus utama di tahun 2022 ini adalah Digitalisasi Daerah.

Hal ini tentunya sejalan dengan peran dan tanggung jawab bank bjb yang telah dikukuhkan dalam SK Kepala Daerah sebagai Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) se-Provinsi Banten, dimana bank bjb siap untuk mendukung dan meningkatkan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD), baik dari sisi belanja/pengeluaran Pemerintah Daerah maupun Optimalisasi Pendapatan Daerah dengan membawa konsep Go Smart City dalam mewujudkan Pemerintah Daerah Berbasis Digital.

Baca Juga: bjb WideSCREEN Spider-Man “No Way Home” Sukses Hibur Nasabah bank bjb

Konsep Go Smart City ini terdari dari enam pilar utama, yaitu Go Government, Go Branding, Go Economy, Go Society, Go Living, dan Go Environment.

Salah satu bukti nyata komitmen bank bjb dalam membantu elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah adalah dengan memperluas kerjasama layanan E-Tax dan juga E-Retribusi untuk penerimaan Pajak dan Retribusi Daerah. Dengan layanan tersebut masyarakat Banten dapat melakukan pembayaran pajak melalui seluruh Jaringan Kantor dan Jaringan Elektronik (e-channel) bank bjb yang tersebar luas di seluruh wilayah Indonesia, jaringan ATM dan EDC, Mobile Banking BJB DIGI, Dompet Digital Digi Cash, Uang Elektronik/e-wallet berbasis QRIS, e-commerce serta modern channel seperti Alfamart dan Indomaret. Sehingga bank bjb dapat membantu Optimalisasi Penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan cepat, efektif, dan juga efisien.

Selain itu untuk mendukung transaksi keuangan Pemerintah Daerah, bank bjb telah memberikan fasilitas layanan SP2D Online, Internet Banking Corporate (IBC), dan Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) Online. Sedangkan untuk meningkatkan inklusi keuangan kepada masyarakat melalui Digitalisasi Layanan Perbankan, bank bjb hadir melalui layanan Agen bjb BiSA LAKU PANDAI dan Payment Point Online Bank (PPOB) yang dapat menjangkau masyarakat sampai ke pedesaan.

Baca Juga: bank bjb Edukasi Masyarakat, Waspadai Sistem Penipuan Online

Di tahun 2021 bank bjb kembali melakukan Perjanjian Kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Banten perihal Layanan Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor melalui Aplikasi SAMBAT (Samsat Banten Hebat) dan SIGNAL (Samsat Digital Nasional) serta Kerjasama Pengelolaan Retribusi Daerah melalui aplikasi SIREDA (Sistem Retribusi Daerah). Begitu pula bersama Pemerintah Kabupaten Pandeglang bank bjb telah melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman Perihal Jasa & Layanan Perbankan serta Perjanjian Kerjasama Layanan Penerimaan Pajak Daerah Pemerintah Kabupaten Pandeglang.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X