750 Video Karya Guru di Tangerang Selama Pandemi

- Jumat, 4 Desember 2020 | 03:16 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

TANGERANG--Di saat pandemi, tugas guru tidak hanya sebagai pengajar tapi juga pembelajar, karena harus menemukan ide kreatif agar pembelajaran tetap menyenangkan. Hal itu pun yang terjadi pada guru-guru di Kota Tangerang.

Diketahui, sejak Juli lalu Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang meluncurkan 750 video pembelajaran karya guru-guru di wilayah tersebut. Video pembelajaran ini dinilai dibutuhkan peserta didik yang belum bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka.

"Dalam rangka menunjang proses belajar mengajar masyarakat di tengah pandemi covid-19 saat ini, terlebih proses pembelajaran di zona kuning, oranye, dan merah belum bisa dilakukan pembelajaran tatap muka hingga Desember 2020," ujar Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, Senin, 27 November 2020.
 
Arief menyebut ratusan video pembelajaran tersebut dapat mendorong semangat dan motivasi anak untuk tetap belajar meski tak bisa ke sekolah. "Semoga anak-anak tetap semangat belajar terus kreatif dibimbing oleh guru-gurunya," katanya.

Sementara, Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Jamaluddin menjelaskan video pembelajaran ini akan bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang. Video pembelajaran yang telah dibuat guru akan diunggah ke aplikasi Tangerang LIVE.
 
"Jadi nanti sistemnya dinas pendidikan akan unggah video pembelajaran tersebut ke aplikasi Tangerang LIVE, nanti wali murid ataupun murid itu sendiri bisa mengunduhnya," jelas Jamaluddin.

Jamaluddin menuturkan saat ini video pembelajaran tersebut telah diunggah ke aplikasi Tangerang LIVE. Video tersebut dibuat untuk berbagai mata pelajaran mulai dari tingkat SD hingga SMP.
 
"Ada 225 guru hebat yang membuat video pembelajaran tersebut, dan hasilnya pun telah melalui proses seleksi apakah sesuai dengan kurikulum maupun kelayakannya untuk diberikan kepada siswa," ungkapnya.
 
Jamaluddin berharap wali murid dapat mengomunikasikan kepada guru jika terdapat kesulitan dalam mengunduh atau mempelajari bahan ajar dalam video tersebut. "Jadi nanti pun guru akan membimbing wali murid maupun murid itu sendiri untuk mempelajari video pembelajaran tersebut," katanya.
 
750 video pembelajaran yang telah diluncurkan oleh Dinas Pendidikan Kota Tangerang itu berhasil mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (Muri).

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Terkini

Abuya Uci Cilongok Meninggal Dunia

Selasa, 6 April 2021 | 10:42 WIB

bank bjb Ekspansi KPR di Banten

Jumat, 19 Februari 2021 | 11:23 WIB

Jenazah Syekh Ali Jaber Tersenyum Lebar

Jumat, 15 Januari 2021 | 08:58 WIB

Sindikat Narkoba Internasional Diringkus

Kamis, 7 Januari 2021 | 08:02 WIB

Modus Maling Kotak Amal Masjid di Tangerang

Minggu, 3 Januari 2021 | 13:19 WIB

Antrean Rapid Test Antigen di Bandara Soetta Sepi

Rabu, 23 Desember 2020 | 09:49 WIB

Wali Kota Tangsel Airin Nyoblos di TPS 24 Sutera

Rabu, 9 Desember 2020 | 08:52 WIB

Azizah Anak Wapres: Saya Bersama Suami Tercinta

Rabu, 9 Desember 2020 | 08:50 WIB

Terpopuler

X