Mulai Besok 1 Juni Cek Saldo di ATM Link Kena Biaya, Ini Besarannya

- Senin, 31 Mei 2021 | 19:35 WIB
Ilustrasi ATM. (Peggy und Marco Lachmann-Anke dari Pixabay )
Ilustrasi ATM. (Peggy und Marco Lachmann-Anke dari Pixabay )

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM -- Pengenaan biaya administrasi tambahan pada Himpunan Bank Negara (Himbara) saat transaksi cek saldo dan tarik tunai pada ATM Link akan berlaku besok Selasa 1 Juni 2021.

Sebelumnya, transaksi ini tidak dikenakan biaya alias gratis bagi nasabah. Menurut Sekretaris Perusahaan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk yang merupakan anggota Himbara Mucharom, saat ini pengenaan biaya administrasi masih belum ada perubahan.

“Apabila ada penundaan pasti ada keterangan resmi dari Himbara, kami infokan,” ujarnya ketika dihubungi Republika.co.id, Senin (31/5).

Hal senada juga dikatakan Sekretaris Perusahaan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Aestika Oryza. Ia menambahkan, terdapat perubahan ataupun penundaan penetapan tarif akan diinformasikan melalui saluran komunikasi resmi Himbara, seperti website, media sosial, dan sebagainya. “Terkait hal tersebut, dapat menunggu keterangan resmi dari Himbara,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Himbara Sunarso mengatakan pengenaan biaya cek saldo dan tarik tunai pada jaringan ATM Link untuk mendukung kenyamanan nasabah. "Dalam rangka mendukung kenyamanan nasabah bertransaksi, setiap transaksi cek saldo dan tarik Tunai kartu BNI pada ATM Bank Himbara (Mandiri, BRI dan BTN) atau ATM dengan tampilan ATM LINK) akan dikenakan biaya," ujarnya dalam keterangan resmi.

Daftar Biaya Cek Saldo BNI, BRI, Mandiri, & BTN beserta Tarik Tunai

Berikut ini daftar biaya cek saldo ATM BNI, BRI, Mandiri, dan BTN, beserta biaya tarik tunainya:

  1. Cek saldo: Rp 2.500
  2. Tarik tunai: Rp 5.000
  3. Transfer: Rp 4.000 (Biaya tetap)

Perbandingan Biaya Cek Saldo, Tarik Tunai, dan Transfer dengan ATM Non-Link

Meski ada perubahan, jaringan bank pemerintah ini menyebut para nasabah tetap mendapatkan manfaat. Sebab, mereka masih tetap dapat bertransaksi dengan biaya yang lebih hemat ketimbang transaksi pada ATM non-Link.

Dari situs resminya, BNI memberi perbandingan biaya transaksi dengan ATM non-Link yang lebih mahal.

  1. Cek saldo: Rp 4.000
  2. Tarik tunai: Rp 7.500
  3. Transfer Rp 6.500

"Biaya transaksi ini akan didebet langsung dari rekening nasabah pada saat melakukan transaksi," tambah informasi tersebut.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

Ayo Menabung di bjb Tandamata, Dapatkan Hadiahnya

Minggu, 25 April 2021 | 12:02 WIB

Terpopuler

X